Dominus Vobiscum


            Setelah terjadinya krisis ekonomi global, Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang berhasil “selamat” dari terpaan ini, dengan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi yang berada di angka positif, walau hal ini bukan menjadi penentu tunggal dari kemakmuran suatu negara. Patut disyukuri, walau Indonesia tetap mengalami dampak dari krisis ini biarpun tidak separah yang dialami oleh negara-negara lain, keberhasilan ini menjadi salah satu bahwa bangsa ini memang merupakan suatu bangsa yang besar, bukan hanya dari segi jumlah penduduk, tetapi juga dari kemampuan yang dimiliki oleh para warga negaranya. Dalam bidang ekonomi, sudah banyak orang yang terlahir di Indonesia telah mengalami kesuksesan luar biasa, bukan hanya di tingkal nasional maupun regional, tetapi juga di tingkat internasional. Kesuksesan dirintis dari hal yang kecil disertai dengan niat dan tekad yang kuat. Niat, tekad, dan kerja keras inilah yang serta merta menjadi karakteristik khas dari setiap pengusaha sukses. Seseorang yang sukses bukan hanya mendatangkan keuntungan finansial bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi sesamanya dan terutama bagi negara, karena dengan tercapainya kesuksesan seseorang, makan hal yang dapat disimpulkan telah bertambah pula pemerataan tingkat pendidikan dan kesejahteraan antarwarga serta berdampak pada bertambahnya tingkat penerimaan negara dari sektor pajak sipil. Niat untuk menjadi sukses memang telah tertanam sejak awal pada diri setiap orang, namun yang membedakan antara pribadi yang satu dengan yang lain adalah kemauan dan usaha yang dilakukannya untuk mencapai tujuan tersebut. Ini pulalah yang membedakan seorang entrepreneur dengan seorang biasa. Seorang entrepreneur berani menempuh risiko untuk berusaha demi mencapai tujuan yang ia cita-citakan. Mereka berani untuk menempuh risiko dengan memulai usaha dari titik nol, juga bukan dengan berusaha pada bidang-bidang yang sudah umum menjadi sektor usaha, melainkan pada bidang-bidang yang belum menjadi daya tarik untuk diusahakan. Seiring dengan waktu, seluruh kerja keras, niat, dan pengalaman mereka selama berusaha sejak awal akan terbayar dengan kesuksesan yang akan mereka raih. Inilah hal yang membedakan para pengusaha jenis ini dengan pengusaha lain yang tidak mengawali usaha dari awal. Para pengusaha yang mengawali karirnya dengan entrepreneurship dipenuhi dengan pengalaman-pengalaman yang amat berharga yang menjadikan mereka semakin tangguh dari hari ke hari menghadapi segala macam gejolak ekonomi yang mungkin terjadi. Inilah yang diharapkan dimiliki oleh setiap bangsa dan negara, yakni suatu generasi yang tangguh sehingga dengan ketangguhan yang mereka miliki, segala tantangan yang muncul di kemudian hari bukanlah menjadi suatu penghalang yang berarti demi majunya usaha mereka. Kendala dijadikan sebagai suatu batu loncatan untuk kemajuan yang lebih besar di masa depan.
            Ketangguhan pribadi inilah yang sebenarnya menjadi harapan dari setiap orang terutama dari generasi yang lebih tua kepada generasi yang lebih muda, agar setiap kaum muda memiliki mental yang mampu menghadapi segala tantangan terutama di era globalisasi ini yang menuntut persaingan yang amat ketat dan berbagai inovasi. Bagi para pengusaha yang mengawali karir dengan entrepreneurship, ini bukanlah suatu hal yang sulit karena dengan pengalaman yang telah mereka dapatkan selama masa-masa mereka berusaha akan memberikan masukan yang sangat berharga. Oleh karena itu, di berbagai negara diharapkan jumlah pengusaha yang bergerak di bidang entrepreneurship berada dalam nominal yang cukup besar, karena selain dianggap mampu menularkan ketangguhan yang mereka miliki kepada para karyawannya, usaha-usaha di bidang ini juga terbilang mampu membuka lapangan kerja yang lumayan luas bagi masyarakat sekitar sehingga juga mampu untuk membantu pemerintah dalam penyediaan lapangan kerja yang cukup bagi masyarakat.
            Bidang entrepreneurship menjadi identik dengan kaum muda, karena industri tipe ini memang membutuhkan ide-ide segar untuk diimplementasikan dalam sebuah kegiatan industri, mengingat bidang-bidang industri saat ini sudah terlalu jenuh untuk didalami dan banyak orang yang mulai mencari bidang usaha baru untuk mereka tekuni tetapi mereka belum tahu untuk memulai darimana. Di sinilah para entrepreneur bertindak.

Categories:

Leave a Reply

Kalender Liturgi

Artikan situs ini (Translator)

Buku tamu


ShoutMix chat widget

Lokasi Tamu

Mari Berlangganan

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!
Diciptakan berkat anugerah Allah kepada Tarsisius Angelotti Maria. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Cari Blog Ini