Dominus Vobiscum

Pangeran Landolf Aquinas menyerahkan anaknya, yaitu Thomas, pada biarawan Benediktin di Monte Kasino, Italia dengan harapan suatu ketika anaknya menjadi abbas yang kaya. Pada usia 19 tahun Thomas masuk Ordo Dominikan. Selama hidupnya Thomas banyak belajar dan mengajar serta mempunyai devosi yang sangat kuat terhadap Sakramen Maha Kudus. Gereja mewarisi karya-karya Thomas sebagai harta karun Gereja yang sangat berharga.

Ia menjelaskan mengenai transubstantiasi (perubahan elemen Ekaristik menjadi Tubuh dan Darah Kristus), dan ia pula yang menemukan kata/sebutan untuk hal itu. Ketika upacara baru Corpus Christi (Tubuh Kristus) dimasukkan dalam kalender Gereja tahun 1264, ia menulis liturginya dan mensyairkan madah pujian Sakramen Maha Kudus yakni Laude Sion Salvatorem, Pange Lingua Gloriosi (yang ditutup dengan Tantum Ergo dinyanyikan selama Pemberkatan Sakramen Maha Kudus), Sacri Soles (diakhiri dengan Panis Angelicus), Verbum Supernum Prodiens (diakhiri dengan lagu Benedictin lainnya O Salutaris Hostia), dan Adoro te Devote. Semuanya dikenal umat Katolik hingga sekarang. Karya lain yang juga terkena adalah Summa Contra Gentiles (rangkuman melawan bangsa kafir, pegangan kaum misionaris), Summa Theologiae (sistematisasi teologi yang paling sempurna, pegangan untuk mengajar orang sederhana).
Ia mempunyai banyak pengalaman spiritual, dimana Yesus berbicara dengannya saat dia berdoa dengan khusyuk. Wafat pada 7 Maret 1274 ketika usianya baru 49 tahun. Ia dinyatakan kudus tahun 1323 dan mendapat gelar "Pujangga Gereja" dari Paus Pius V tahun 1567. Pesta peringatannya dirayakan setiap tanggal 28 Januari oleh Gereja Katolik.

Categories:

Leave a Reply

Kalender Liturgi

Artikan situs ini (Translator)

Buku tamu


ShoutMix chat widget

Lokasi Tamu

Mari Berlangganan

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel terbaru langsung ke email anda!
Diciptakan berkat anugerah Allah kepada Tarsisius Angelotti Maria. Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Cari Blog Ini